Perusahaan Farmasi Terbesar Dunia

Tercatat ada beberapa perusahaan farmasi terbesar yang ada di dunia menurut kapitalisnya pasarnya. Selain itu, perusahan-perusahan yang nantinya akan disebutkan namanya dalam artikel ini adalah perusahan yang memproduksi obat-obatan yang dipakai banyak orang di seluruh dunia. Seperti yang telah anda tahu, industri farmasi adalah sebuah industri yang memang sangat menjanjikan. Pasalnya, hampir semua orang nantinya akan bergantung pada obat-obatan yang telah di buat dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa perusahaan farmasi lokal yang dikenal lewat obat-obatan yang tiap harinya telah diproduksi. Mulai dari Kalbe, Kimia Farma, hingga perusahan Soho. Bahlan perusahan kalbe dan kimia farma yang telah melantai di bursa efek. Kimia Farma menjadi sebuah perusahan agen bola yang telah tercatat di bursa dengan kode KAEF yaitu sejak 4 Juli 2001. Sementara itu, Kalbe sebuah perusahan yang tercatat dengan kode KLBF di bursa sejak 30 Juli 1991. Lalu bagaimanakah dengan perusahan-perusahaan farmasi yang paling besar yang ada di dunia ?

Perusahaan Farmasi Terbesar Dunia

Dari infografik terdapat beberapa perusahaan farmasi terbesar yang ada di dunia yaitu pada tahun 2017 =. Pasar global untuk industri farmasi diperkirakan mencapai 1,1 triliun dolar amerika atau sekitar Rp 14.654.200.000.000.000 dengan kurs 1 dollar yaitu = Rp 13000 an, atau sekitar 14000 triliun rupiah. Tentunya jumlah yang sangat besar, sedangkan pasar farmasi di Indonesia yang pada tahun 2016 hanya memperoleh 80 triliun dari sekitar 2000an perusahan farmasi yang ada di Indonesia. Berikut ini adalah perusahan-perusahan farmasi terbesar yang ada di dunia.

Pfizer

Pfizer adalah sebuah perusahan yang merupakan perusahaan farmasi dunia yang berasal dari Amerika Serikat. Di Indonesia mereka juga ternyata mempunyai sebuah pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Bogor. Total pendapatan mereka pada tahun 2016 sendiri sebesar $52824 juta dollar atau kira-kira sebesar Rp 703.615.680.000.000 atau setara dengan 703 triliun rupiah pada saat itu saat dolar Rp. 13.000.

Merck

Perusahan farmasi yang selanjutnya adalah Merck, atau dikenal juga dengan nama perusahaan MSD (Merck Sharp Dohme) di luar Amerika Serikat dan juga Kanada. MSD juga sebuah perusahan farmasi yang telah mempunyai pabrik di Indonesia yang berada di Pandaan Jawa Timur.

Pendapatan dari perusahaan MSD yang diketahui pada tahun 2016 yaitu sebesar $ 35.151 juta dollar atau sekitar Rp 468.281.622.000.000 atau setara Rp 468 triliun rupiah dengan kurs dollar pada saat itu Rp 13000 an. Merck adalah sebuah perusahaan farmasi yang ternyata mengembangkan, menemukan dan juga menjual berbagai macam dari produk yang inovatif untuk meningkatkan sebuah kesehatan manusia dan juga kesehatan hewan.

Johson & Johson

Perusahan farmasi selanjutnya yang sudah sangat terkenal di dunia adalah perusahan Johson & Johson. Perusahan Johnson & Johnson merupakan sebuah perusahaan farmasi global yang telah memproduksi obat, alat kesehatan dan juga consumer health lainya seperti sabun dan beberapa produk lainnya. Perusahaan ini mungkin di Indonesia lebih dikenal sebagai perusahan yang membuat sabun bayi, padahal lebih dari itu. Pendapatan perusahaan ini yaitu pada tahun 2016 sebesar $33464 juta dollar atau yang setara dengan Rp 445.807.408.000.000 atau sekitar 445 triliun rupiah yaitu dengan kurs Rp 13000 an.

Roche

Roche adalah sebuah perusahan farmasi yang juga sudah cukup besar dan namanya sudah dikenal. Hoffmann-La Roche (Roche) merupakan sebuah perusahaan global. Dahulu perusahan ini pernah ada pabriknya di indonesia, namun sekarang ini sudah tidak ada lagi. Pendapatan dari perusahan farmasi yang dihasilkan oleh perusahaan ini yaitu pada tahun 2016 sebesar $39494 juta dollar atau yang setara dengan Rp 526.060.080.000.000 atau sekitar 526 triliun rupiah jika menggunakan kurs dollar saat itu Rp 13000 an.

Sanofi

Sanofi adalah sebuah perusahan farmasi yang berasal dari Prancis, perusahan ini adalah perusahan yang mempunyai total pendapatan yaitu pada tahun 2016 sebesar $35850 juta dollar atau yang setara dengan Rp 473 triliun rupiah, dengan kurs dollar pada saat itu Rp 13000 an.

Novartis

Novartis merupakan sebuah perusahan farmasi yang juga namanya cukup besar. Perusahan farmasi ini berasal dari Swiss. Perusahan ini sendiri memiliki pendapatan yang dicatat pada tahun 2016 yaitu sebesar $35562 juta dollar atau yang setara dengan Rp 473 triliun rupiah.

Bayer

Merupakan sebuah perusahan farmasi yang berasal dari Jerman. Bayer merupakan sebuah perusahan yang bergerak di dalam industri kimia dan juga di dalam industri farmasi yang didirikan dan berpusat di barmen, Jerman yaitu pada tahun 1863. Produk yang paling terkenal dari Bayer yaitu adalah Aspirin atau merupakan sebuah perusahan yang menjual obat sakit kepala. Untuk di Indonesia yang paling terkenal yaitu adalah produknya Baygon (obat nyamuk ).

AbbVie

Perusahaan farmasi ini adalah sebuah perusahan yang berasal dari Amerika Serikat. Mungkin nama perusahan ini cukup asing nama perusahaan ini cukup asing. Dan perusahaan ini adalah perusahan yang belum memiliki pabrik di Indonesia. Perusahan ini mendapatkan pendapatan mereka dengan nilai $25638 juta dollar atau yang setara dan sekitar Rp 341 triliun rupiah.

AstraZeneca

Perusahaan yang berasal dari Inggri ini mempunyai total pendapatan yaitu pada tahun 2016 sebesar $23002 juta dollar. Atau pendapat tersebut yang setara dengan Rp 306 triliun rupiah. Dulu perusahaan ini pernah mempunyai sebuah pabrik di Jawa Timur, akan tetapi sekarang pabrik tersebut sudah tutup.

Gilead

Gilead Sciences merupakan sebuah perusahan farmasi-biotech yang berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan ini adalah sebuah perusahan yang mempunyai total pendapatan yaitu pada tahun 2016 sebesar $29953 juta dollar atau jumlahnya sekitar Rp 399 triliun rupiah. Setahu saya perusahaan ini adalah perusahan yang belum mempunyai pabrik di Indonesia, mungkin juga produknya yang memang belum dipasarkan hingga Indonesia. Namun perusahan ini masuk ke dalam daftar perusahaan farmasi terbesar di dunia.

Abbott Laboratories

Amerika Serikat Abbott Laboratories adalah perusahaan yang ada di dalam industri farmasi yang mempunyai kurang lebih 72.000 karyawan. Perusahan ini beroperasi di lebih dari 130 negara. Berpusat di Illinois, North Chicago. Abbott Laboratories merupakan sebuah perusahan yang didirikan oleh Wallace Calvin Abbot yaitu pada tahun 1888. Pada tahun 2008 Abbott Laboratories yang sudah mempunyai pendapatan lebih yaitu 29 juta dollar.

Demikian itulah perusahan farmasi terbesar yang ada di dunia. Perusahan-perusahan tersebut didominasi oleh perusahan yang berasal dari Amerika Serikat. Dan juga perusahan tersebut merupakan perusahan yang juga menghasilkan laba yang cukup besar dalam pertahun.

Perusahan farmasi tersebut juga mendapatkan keuntungan dari saham yang mereka dilepas ke publik, dan kemudian membuat perusahan mereka tumbuh menjadi salah satu perusahan farmasi terbesar yang ada di dunia. Beberapa perusahan farmasi tersebut juga membuka perusahaannya di Indonesia, dan juga beberapa negara lainya. Semoga industri farmasi kita juga dapat berkembang sangat pesat dan masuk menjadi perusahan farmasi besar yang ada di dunia.